Selasa, 03 Maret 2020

Manfaat Mengkonsumsi Daging Ayam Untuk Kesehatan

image source : money.id
Daging ayam merupakan daging yang paling sering dijumpai. Di Indonesia banyak yang menyukai daging ayam. Selain rasanya yang enak daging ayam juga banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Kali ini YuwHoo akan memberti tahu apa saja sih manfaat konsumsi daging ayam untuk tubuh.

1. Membantu Pembentukan Otot

Protein yang tinggi dalam kandungan daging ayam membantu untuk memaksimalkan pembentukan otot. Selain itu, protein juga membantu untuk menguatkan otot-otot tubuh.
Umumnya, manfaat ayam ini dipilih oleh mereka yang tengah melakukan pembentukan otot melalui gym. Dalam hal ini, bagian ayam yang cocok untuk menambah massa otot adalah bagian dada dan paha dengan jumlah protein 25 sampai 30 gram dalam satu potongnya.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Selain membantu pembentukan otot, kandungan daging ayam berupa protein juga menghasilkan manfaat konsumsi daging ayam untuk membantu menurunkan berat badan bagi Anda yang kini sedang menjalani program penurunan berat badan.
Manfaat ayam untuk membantu menurunkan berat badan melalui kandungan proteinnya tersebut dikarenakan zat ini dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama, sehingga Anda bisa menekan frekuensi makan guna menjaga berat badan tubuh.

3. Mengurangi Gejala PMS

Kandungan magnesium dalam daging ayam pun ternyata dapat menenangkan gejala sindrom pra menstruasi (PMS). Magnesium mampu melawan beragam perubahan suasana hati yang umumnya dialami oleh wanita ketika masa menstruasi.

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Jumlah vitamin B6 yang ada menghasilkan manfaat pada ayam untuk meningkatkan metabolisme tubuh.
Kandungan vitamin B6 pada daging ayam berfungsi untuk mendorong enzim dan proses metabolisme tubuh yang digunakan untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, sumber energi, dan pembakaran kalori.

5. Mengatur Kadar Kolesterol

Beberapa beranggapan bahwa daging ayam banyak mengandung kolesterol jahat. Padahal sebaliknya, manfaat mengkonsumsi daging ayam adalah adanya kandungan niacin yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat.
Oleh sebab itu, disarankan untuk mengkonsumsi ayam tanpa lemak dan diolah dengan cara direbus secara rutin.

6. Meminimalisir Risiko Kanker

Sementara itu, kandungan gizi ayam berupa zat antioksidan bernama selenium efektif untuk menghalau serangan radikal bebas. Hal ini tentu saja sangat dibutuhkan tubuh karena sebagaimana diketahui, radikal bebas menjadi pemicu utama terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh yang kemudian berkembang menjadi sel kanker.

7. Menghilangkan Stres

Manfaat ayam lainnya adalah kandungan vitamin B5 dan tryptophan yang ada pada daging ayam memungkinkan untuk menghilangkan stres.
Zat ini dapat memberikan efek tenang pada saraf manusia, sehingga dapat memperbaiki suasana hati dan meningkatkan produksi serotonin yang ada di dalam otak.

8. Merawat Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C di dalam daging ayam juga tidak kalah baiknya untuk kesehatanmu. Vitamin C yang ada dalam kandungan daging ayam membuat kulit sehat dan mengandung zat antioksidan yang bagus untuk kulit tubuh.

9. Mendukung kesehatan mata

Kandungan retinol, alfa, beta karoten, dan lycopene di dalam ayam berguna untuk menjaga ketajaman mata.

10. Mencegah Alzheimer

Salah satu penyakit akibat gangguan fungsi otak, yakni Alzheimer, dapat dicegah dengan daging ayam. Hal ini dihasilkan oleh vitamin B yang ada di dalamnya.
Selain mencegah terjadinya Alzheimer, manfaat ayam bagi kesehatan melalui vitamin B adalah untuk meredakan stres. Untuk manfaat yang terakhir akan tetapi masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna menguatkan klaimnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar